Facebook
Twitter
WhatsApp

Palu – Sulawesi Tengah Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Menggelar Sosialisasi Pemberdayaan Organisasi Kemasyarakatan Bertempat di Hotel Best Western Plus Coco Palu Kamis(1 /8/2024).

 

Sambutan Gubernur Sulawesi Tengah yang di bacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Dr. Fahrudin Yambas, S.Sos., .M.Si Sekaligus membuka kegiatan sosialiasi. dihadiri oleh Ketua KPU Dr. Risvirenol, S.S., M.Si selaku Narasumber dan Kasubit I Intelkam Polda Sulteng AKBP T. Zulfitri, S.H selaku Narasumber dan Peserta Sosialisasi.

 

 

Dalam sambutanya Fahrudin menyampaikan seiring dengan perkembangan situasi politik dan ke amanan saat ini organisasi kemasyarakatan yang di dirikan dan di bentuk oleh masyarakat secara sukarela ini bersamaan dengan aspirasi dan tujuan masyarakat sulawesi tengah dapat berpastisipasi dalam pembangunan, bukan hanya secara langsung, dan dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas dan pemimpin-peminpin yang aspiratif dapat membawakan harapan sulawesi tengah yang lebih baik di tahun –tahun mendatang.

 

“Harapannya organisasi masyarakat dapat menjadi mitra strategis dari pemerintah daerah dan lembaga politik untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan politik serta mendorong kesertaan masyarakat yang lebih sadar politik dan aktif dalam menjalankan hak dan kewajibannya sebagai warga negara’ tuturnya

 

Ormas memiliki peran strategis untuk mendukung yang lebih baik tentang isu-isu politik dan menfasilitasi forum-forum dialok dan diskusi yang positif antara masyarakat, pemerintah penyelenggara pilkada dan peserta pilkada dengan infrastruktur yang dimiliki ormas dapat memainkan peran strategis dalam proses pilkada serentak tahun 2024.

 

Dalam penyampaian materi kegiatan tersebut Bapak Dr. Risvirenol menyampaikan bahwa di tahun 2024 ini pertamakalinya dilaksanakan pemungutan suara serentak nasional dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Serta Walikota dan Wakil Walikota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Rapublik Indonesia yang dilaksanakan pada bulan November mendatang.

 

Dalam kegiatan tersebut AKBP T. Zulfitri Menyampaikan peran POLRI dalam Pilkada Tahun 2024 adalah menjaga keamanan dan mewujudkan demokrasi. Pilkada adalah merupakan ajang kontestasi dan bukan kompetisi namun dalam prosesnya banyak hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, untuk menjaga kestabilan, kelancaran dan keamanan proses demokrasi perlu adanya peran Polda dalam Mengedukasi Pemilih, Pengamanan, Pengawalan dan Penegakan hukum yang bertujuan untuk menciptakan Pikada Damai.

 

Sumber : Humas Bakesbangpol Sulteng Sulteng (PPID PELAKSANA BAKESBANGPOL SULTENG)

Artikel Terpopuler